Persyaratan dan Cara Mengadopsi Anak di Indonesia

Memiliki anak adalah suatu anugerah yang pasti diinginkan semua orang tua. Namun terkadang tidak semua pasangan cepat untuk diberikan kepercayaan untuk memiliki buah hati, dan cara lain untuk tetap memiliki keturunan salah satunya adalah mengadopsi anak atau mengangkat anak. Bukan hal yang baru jika membicarakan mengadopsi anak, karena hal ini sudah dari jaman dahulu dilakukan.

Untuk mengadopsi anak, tidak semudah yang dipikirkan. Beberapa persyaratan dan tata cara harus anda lewati terlebih dahulu.
Ada beberapa persyaratan yang harus anda ketahui terlebih dahulu tentang mengadopsi anak.Bukan hanya anak, namuan calon orang tua yang akan mengadopsi anak harus mematuhiPP RI 54 tahun 2007, persyaratan yang tertera yaitu:

1. Calon orang tua harus dalam keadaan yang sehat jasmani maupun rohani.

2. Memiliki umur paling rendah 33 tahun dan paling tua 55 tahun, hal ini dikarenakan agar umur orang tua masih dalam keadaan produktif.

3. Calong orang tua dan anak angkat memiliki agama yang sama. Namun jika tidak diketahui agama anak terebut, bisa disesuaikan dengan agama mayoritas disekitarnya.

4. Bukan orang tua pasangan sejenis.

5. Tidak atau bahkan belum memiliki anak. Jika memiliki anak, hanya 1 anak.

6. Mampu secara ekonomi dan sosial sehingga dapat bertanggung jawab terhadap calon anak angkat.

7. Telah mendapatkan izin dari pemerintah seperti kepala dari instansi sosial atau menteri.

8. Memiliki catatan berkelakuan baik atau dengan arti belum pernah menjalani masa hukuman apapun.

9. Memiliki laporan sosial dari pekerja sosial setempat.

Setelah memenuhi persyaratan dari agen bola yang harus dimiliki oleh calon orang tua, orang tua dan calon anak harus menjalani beberapa tes kesehatan.Setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan, selanjutnya pihak dinas sosial akan mendatangi lokasi tempat tinggal yang akan ditempati oleh sang anak atau tempat tinggal orang tua selama ini. hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial, kejiawaan dan finansial. Setelah hal tersebut telah disetujui oleh dinas sosial, maka calon orang tua dapat mengadopsi anak tersebut dalam masa percobaan selama 6-12 bulan dan masih dalam pengawasan pihak dinas sosial.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan berdasarkan Surat Izin Pengasuhan Sementara. Calon orang tua akan menjalani sidang minimal 2 kali, yang mana akan membahasa persetujuan permohonan tentang ajuan pengadopsian anak. Jika hasil sidang di tolak, maka anak tersebut akan dikembalikan ke panti sosial tempat anak itu berasal. Memang proses yang dilakukan cukup panjang, bahkan mencapai waktu 2 tahun. Namun hal ini dilakukan untuk menjamin masa depan anak dan keluarga tersebut. status legal akan didapatkan untuk anak angkat tersebut agar dia bisa bersekolah, kuliah, bekerja bahkan menikah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *